Sunday, July 13, 2008

YAYASAN AL HIKMAH SUMBERJO
(Penyelenggara Pondok Pesantren dan Pendidikan Formal Gratis di Gunungkidul)


Yayasan Al-Hikmah Sumberjo selaku institusi penyelenggara Pondok Pesantren Al-Hikmah Sumberjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, resmi berdiri sejak tahun 1989.Tepatnya sejak lahirnya Akte Notaris Daliso Rudianto,SH No.21 tertanggal 10 Juli 1989 dan tercatat pada Panitera Pengadilan Negeri Wonosari tgl.7 Agustus 1989 No.1/Apesach/ Y / VIII / 1989.

Pengurus
Pada waktu berdiri, pengurus Yayasan terdiri dari:
Penasehat : 1. H.Muh.Rofi'i
2. KH.Moh.Chirzin
3. Nyonya Hj.Bazari.
Ketua Umum : H. Muh.Yasir Nuri
Ketua I : Drs. Muhammad Chirzin
Ketua II : KH.Muh.Husein.

Sekretaris I : Suminto
Sekretaris II : H. Mulyatno

Bendahara I : H.Achid Bazari, BA.
Bendahara II : Muh.Tasran, BA.

Pengurus dilengkapi anggota yang terdiri dari: H.Asruri, H.Dalduri BZ, H.Zainuri BZ, Awnar, Mudzakir,BA, Jumakir, Kasirun, Sutarto dan Syaeun Amien.

Kemudian sesuai dengan kebutuhan dan perubahan keadaan ( diantaranya karena beberapa personil meninggal dunia) maka pengurus telah mengalami beberapa kali pergantian. Hal itu diatur dalam Anggaran Dasar Yayasan pasal 7 ayat 3.
Pada saat ini susunan pengurus adalah sebagai berikut:

Penasehat :
1.H.Moh. Chirzin.
2.H. Syaeun Amien.

Ketua Umum : Prof.Dr.K.H. Muhammad Chirzin, MAg.
Ketua I : K.H.Ngadni Al-Huda, Amd.
Ketua II : H.M.Asroeri.

Sekretaris Umum : Drs.Suminto
Sekretaris I : M.Daban Arief.

Bendahara Umum : H.Mulyatno
Bendahara I : H.Jumakir Abu Zuan.

Pengurus dilengkapi seksi-sekti yang terdiri dari: Pendidiknan/pengajaran: Drs.H.M.Bachroni, SU. dan M.Mudzakir,BA. Pengembangan Masyarakat dan potensi umat: M.Anwar Irsyad dan Drs.Gunawan MPd. Pembangunan sarana pisik: H.Dalduri dan Riyanto Abu 'Azam. Pembinaan kader: Sadiyo A.Thahir, SPd, MA, Kasirun dan Ibnu Hermawan, SPd. Penggalian dana: H.Zainuri dan Sutarto.

Pimpinan Pesantren:
Pada saat ini pesantren Al-Hikmah Sumberjo dipimpin oleh: K. H. HARUN AL-ROSYID (Pimpinan Pesantren Bidang Networking dan Pengembangan), UST. HANUNG HISBULLAH HAMDA, SH (Pimpinan Pesantren Bidang Kurikulum Akademik dan Pengajaran), serta UST. RIYANTO ABU AZZAM (pimpinan Pesantren Bidang Pengasuhan Santri)

Pengasuh/Ustadz- Ustadzah:
Para Pengasuh Pesantren Al-Hikmah terdiri dari para akademisi dan praktisi pendidikan, ulama, dan professionalis di berbagai bidang.
Pada saat ini ada 24 (th.2005/2006) 27 (th.2006/2007) ustadz/ustadzah dan para asisten(badal/mudabbir) disamping para guru dan instruktur.
Mereka adalah:
1. Ustadz. Prof. Dr. Muhammad M.Chirzin, MAg.
Beliau alumnus pesantren Darussalam Gontor Ponorogo; Guru besar pada Fakultas Ushuluddin IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dosen dan penulis buku.
2. Ustadz. Supomo, BA. Ulama, muballigh dan praktisi pendidikan, mantan Kepala PGA, mantan Pengawas PAI , yang gigih dalam upaya menyiapkan kader-kader umat.
3. Ustadz. Tsabit Mustamil, MA.
Beliau ulama muda yang juga akademisi, penuh semangat dan dedikasi. Bukan guru tetapi sangat pandai mengajar sehingga sangat disenangi oleh santri karena uraian-uraiannya sangat menarik dan mudah dimengerti.
4. Ustadz. Ngadni Al-Huda, Amd.
Guru Agama dengan pengalaman kerja diatas 30 tahun. Dikenal sebagai tokoh yang bersih dan kokoh dalam aqidah. Luas pengetahuannya tentang al-Qur’an dan Sunnah. Tajam analisanya tentang masalah-masalah sosial, menulis apa saja: buku, makalah, khutbah Jum’at, naskah drama, puisi, dan aktif mengisi lembar budaya pada majalah BAKTI sampai saat ini. Beliau juga anggota Pimpinan Majlis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Keislaman PDM Gunungkidul.
5. Ustadzah. Suarmi, SPd./Ny.Harun Al-Rosyid.
Alumni IKIP Negeri Yogyakarta(sekarang UNY) yang aktif dalam berbagai kegiatan ini sekarang menetap di pesantren dan menjadi ibu lebih dari 150(th.2004/2005) 240 lebih(th.2005/2006) 400 lebih(th.2006/2007) putra/putri. Sabar dan penuh pengertian, lagi ahli dalam memberikan solusi atas berbagai persoalan anak didik. Beliaulah guru, ustadzah, dan sahabat tempat semua santri mengadu.
6. Ustadzah. Ummu Isfaroh Triharjanti, SHI.
Sarjana Hukum Islam yang juga pendidik ini aktivis kampus yang ulet. Pernah Ketua Umum IMM Fak.Syari’ah IAIN Suka, Kabid Organisasi Pimpinan Cabang IMM Sleman. Mantan anggota KIR MAN I Yogyakarta. Kini “pulang kampung” dan siap mendampingi santri dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, Ushul Fiqih dan berorganisasi.
7. Ustadz Hanung Hisbullah Hamda, SH.
Alumnus Fakultas Hukum dan Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. Pernah belajar di Ma’had Al Hakim MAN PK Yogyakarta I, Aumnus Ma’had Al Hikmah Karangmojo
8. Ustadz Sabrur Rahim, MSi.
Alumnus Fak.Ushuluddin IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga dan pegawai BKKBN ini pemikir yang njlimet tetapi arahnya jelas. Luas ilmunya, dalam penghayatannya. Sambil kuliah S2 beliau masih menyempatkan diri untuk beramal shalah dengan shadaqah ilmu di Al-Hikmah.
9. Ustadz Tri Asmiyanto, SpdI.
Mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa STAIMUS Surakarta ini pulang kampung untuk ikut serta memajukan daerah asalnya. Masih muda, berpikir jauh ke depan, penuh idealita dan kaya pengalaman.
10. Ustadzah Puji Astuti, SE.
Sarjana Ekonomi yang kenyang perjuangan (antara lain di HMI dan NA) ini alumnus Al-Hikmah sejak pesantren masih embrio. Alumnus Sabiilul Haq yang istiqamah dalam aqidah, berpengalaman dalam pembinaaan generasi muda, pemberani tetapi santun.
11. Ustadz Ibnu Hermawan, SPd.
Sarjana bahasa Inggris lulusan UAD, mantan ketua Remaja Masjid Taqwa Sumberjo (REMATAS), putra asli Sumberjo, muda usia tetapi tua dalam pengalaman dan penampilan.
12..Ustadz Adnan Al Busyairy, Ust. H.Jumakir Abu Zuan, Ust. Ahamad Suyanto (alumnus Al-Hikmah), Ust. Suratinah, Ust.Sriyanti, Ust.Riyanto (alumnus Al-Hikmah), Ust. Syaiful, Ust.Sugito, bersama puluhan alumnus dan mudabbir.



Tujuan Yayasan
Tujuan Yayasan Al-Hikmah adalah: Membantu program pemerintah, kususnya dalam bidang pendidikan baik formal maupun non formal, sosial dan ekonomi serta da'wah guna kepentingan Agama Islam, bangsa dan negara Indonesia. (AD ps.4).

Usaha Yayasan
Jenis-jenis usaha/lembaga disesesuaikan dengan Tujuan Yayasan dan kemampuan pesantren dalam pengadaan maupun pengelolaannya. Hal itu berarti bahwa secara teknis semua lembaga yang ada keberadaan dan pengelolaannya dibawah tanggungjawab pimpinan pesantren. Yayasan dalam hal ini bertindak selalu institusi penyelenggara yang tanggungjawabnya meliputi masalah-masalah perijinan, qaidah perguruan, pengaturan hubungan antar jenis usaha/lembaga, aturan dasar tentang kriteria para pejabat dan atau pelaku usaha, aturan dasar tentang upah dan penggajian, hubungan dengan pihak ke 3, serta pengaturan masalah-masalah administrasi lainnya.
Pada saat ini Yayasan Al-Hikmah memiliki lembaga –lembaga/usaha-usaha sebagai berikut:
1.. Pendidikan Formal
1.1Madrasah Aliyah (IPS dan IPA)
1.2.Sekolah Menengah Kejuruan (Kriya kayu dan Busana)
1.3.Sekolah Menengah Pertama (SMP).
2. Pendidikan non formal: Pendidikan Kewirausahaan.
3. Panti Asuhan.
4. Bengkel Mobil
5. Budi daya tanaman hias
6. Budidaya ikan air tawar
7. Kantin
8. Koperasi
9. Percetakan
10. Penerbitan majalah el-Hikmah.
11. Pengelolaan area out bond (1ha).

Pendanaan
Disamping berbagai usaha sebagaimana telah disebutkan dimuka, Yayasan membiayai kegiatannya operasionalnya dengan bantuan dari para donatur tetap, para donatur tidak tetap, instansi pemerintah (baik Daerah tk.II, Daerah Tk.I dan Pusat), infaq/shadaqah dari masyarakat.
Sampai saat ini, semua santri yang berjumlah 683 orang dapat memperoleh akomodasi dan pendidikan gratis tanpa dipungut biaya apapun.



Pengurus Yayasan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berpendapat

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=167022424766684&id=100043767822547